Jumat, 10 Agustus 2012

Manfaat dan Khasiat Jintan Hitam Habbatus sauda

Manfaat dan khasiat jintan hitam habbatus sauda - Jintan Hitam atau yang lebih dikenal dengan nama Habbatus sauda merupakan salah satu jenis jintan yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat selain sebagai bahan rempah-rempah.
Tanaman obat yang termasuk dalam spesies dari genus sativa ini temasuk dalam famili Ranunculaceae.Ciri khas dari tanaman ini adalah memiliki biji berwarna hitam .selama ribuan tahun sudah dikenal luas dan dimanfaatkan baik sebagai bahan rempah dan obat.Tanaman ini tersebar di wilayah India, Pakistan, dan timur tengah serta asia bagian tenggara.

Jintan Hitam / Habbatussaudah dengan nama latin Nigella Sativa ini memiliki banyak nama yang berbeda tiap wilayah antara lain : Kalonji (bahasa Hindi), Kezah (Hebrew), Chamushka (Rusia), Habbatus Sauda’ (Arab), Siyah daneh (Persian), Fennel Flower / Black Carraway / Nutmeg Flower / Roman Coriander / Black Onian Seed (English), atau Jintan Hitam (Indonesia).
Sekitar abad 2000-3000 tahun sebelum masehi jenis tanaman ini sudah digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Dioscoredes, seorang ahli pengobatan dari yunani yang hidup pada abad pertama masehi telah mencatat manfaat habbatussauda / jintan hitam untuk mengobati jenis penyakit ringan seperti sakit kepala dan saluran pernapasan.

0 komentar:

Posting Komentar