Kamis, 09 Agustus 2012

Angsana Dan Manfaatnya Bagi Manusia

Angsana dan manfaatnya bagi manusia :: Angsana atau yang dikenal dengan nama sonokembang (Pterocarpus indicus), merupakan salah satu pohon asli semenanjung Malaya yang banyak digunakan oleh manusia terutama bagian kayunya. Kayu dari pohon angsana ini memiliki nilai ekonomi yang baik dipasar dunia.


Tanaman yang biasanya menghiasi pinggiran jalan raya sebagai pohon peneduh ini memiliki beberapa nama daerah,yaitu : Asana than, Hasona, Sena, Sana (Sumatera), sana kembang (madura), angsana, asana, sana, sana kapur, sono kembang (jawa tengah, jawa barat, nusa tenggara), sana, ai kenawa, angsanan, angsane, kayu merah, marati, aina (nusa tenggara), naakir, acha, patena, candana (sulawesi), nara, lala, lalau, ligna, lingguo (maluku). Di Negara Lain, angsana dikenal dengan beberapa nama, antara lain : pradu (Thailand), chan deng (laos), apalit ( Filipina), padauk,sena,ansanah (burma), malay padauk, red sandalwood, amboyna (b.inggris), santal rouge, amboine (b.perancis).

Secara alami,tanaman yang menyukai lingkungan hutan hujan tropika ini ditemukan mulai dari burma bagian selatan, melewati asia tenggara dan kepulauan nusantara hingga pasifik barat, termasuk di cina selatan, Kep,Ryukyu, dan Kep.Solomon


Ciri- Ciri Dan Klasifikasi


Ciri-ciri yang bisa dikenali dari tanaman angsana yaitu :


1.Pohon.

Tinggi bisa mencapai 40 meter dan gemang mencapai 350 cm. Bagian batang sering beralur atau berbonggol ; biasanya dengan banir ( akar papan).Tajuk angsana lebat berupa kubah, dengan cabang-cabang yang merunduk hingga dekat tanah. Kulit kayu (pepagan) memiliki warna abu kecoklat-coklatan, bentuk memecah atau serupa dengan sisik halus,bagian ini akan mengeluarkan getah bening kemerahan apabila dilukai.


2. Daun

Berbentuk majemuk dengan 5-13 anak daun, berbulu, panjang 12-30 cm, berseling pada poros daun, bundar telur hingga agak jorong,ujung daun meruncing,tumpul,wana daun hijau mengkilat dan tipis,diameter daun 6-10 x 4-5 cm.


3.Bunga

Bunga angsana berkumpul pada bagaian malai yang terletak diujung ranting atau pada ketiak daun,panjang bunga 7-11 cm, panjang anak tangkai bunga 0,5-1,5 cm, aroma bunga harum semerbak.Bunga angsana berkelamin ganda dan memiliki warna kuning.Kelopak bunga berbentuk lonceng sampai bentuk tabung,bergigi 5, tingginya kurang lebih 7 mm. Mahkota bunga berwarna kuning jingga, daun mahkota lepas-lepas, berkuku, bendera bunga berbentuk lingkaran atau bundar telur terbalik, benang sari 10 helai.


Bunga angsana akan tumbuh sebelum mucul daun baru,bunga ini juga akan terus tumbuh setelah daun baru berlimpah. Proses mekar dari bunga angsana hanya berlangsung satu hari, proses mekarnya bunga ini dipicu dengan adanya air, dan umumnya setiap bunga mekar sehari setelah hujan lebat. Bunga ini nantinya akan menjadi buah.


3. Buah

Buah angsana berupa polong bundar pipih.Polong tidak merekah ketika masak dan terbungkus sayap besar (samara) yang tipis seperti kertas.Diameter buah 4-6 cm, dan berwarna coklat muda. Sayap berukuran 1-2,5 cm yang mengelilingi tempat biji berdiameter 2-3 cm dan tebal 5-8 mm. Bakal buah berambut lebat, bertangkai pendek, jumlah bakal biji 2-6.Proses perkembangan buah secara umum membutuhkan waktu 3-4 bulan.proses pematangan buah berlangsung secara berkesinambungan dan buah tidak langsung rontok dari pohon ketika sudah masak.


Klasifikasi Tanaman Angsana




















































Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan:

Plantae

Divisi:

Magnoliophyta

Kelas:

Magnoliopsida

Ordo:

Fabales

Famili:

Fabaceae

Upafamili:

Faboideae

Bangsa:

Dalbergieae

Genus:

Pterocarpus

Spesies:

P. indicus

Nama binomial

Pterocarpus indicus




Manfaat Angsana Secara Umum


Selain berperan sebagai pohon peneduh diruas-ruas jalan, Sifat kayu angsana yang kuat dan awet, serta tahan terhadap segala cuaca, Menjadikan kayu angsana sering digunakan dalam konstruksi ringan maupun berat. Warna dan motif serat kayu yang bagus, menjadikan kayu angsana sebagai kayu pilihan dalam pembuatan mebel, alat-alat musik, lantai parket, gagang peralatan dll.


Manfaat Angsana Untuk Kesehatan

Selain manfaat yang disebutkan diatas, pohon angsana juga bisa berperan sebagai tanaman obat.Bagian-bagian dari pohon angsana seperti bagian kulit, daun dan getah bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti batu ginjal, sariawan dimulut (memanfaatkan bagian kulit ), kencing manis, bisul, menyuburkan rambut, dan untuk mengendalikan tumor dan kanker  (memanfaatkan bagian daun), dan penyembuh luka dan sariawan mulut (memanfaatkan bagian getah sebagai obat luar).

0 komentar:

Posting Komentar