Selasa, 24 Juli 2012

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

manfaat buah apel bagi kesehatanManfaat Buah Apel Untuk Kesehatan – Anda semua pasti sudah mengenal bahkan mencicipi buah yang satu ini.Apel memang salah satu buah yang ketenarannya sudah mendunia.Disamping memang rasanya yang enak dilidah,kita juga bisa mendapatkan manfaat buah apel ini untuk menjaga kesehatan tubuh.



Merunut pada sejarahnya.buah apel pertama kali ditanam oleh manusia di wilayah asia tengah.Kini buah yang memiliki nama latin Malus domestica ini telah menyebar ke banyak daerah di dunia terutama yang memiliki suhu udara yang cukup dingin,karena pohon apel cocok di tanam pada suhu tersebut.Adapun jenis apel yang dibudidayakan saat ini adalah keturunan dari Malus Sieversii yang berasal dari asia tengah.

Ciri-Ciri dan Klasifikasi Tanaman Apel


Berikut adalah ciri-ciri fisik yang bisa dikenali dari tanaman apel,yaitu antara lain :



  • Bentuk pohon kecil dan berdaun gugur.

  • Ketinggian pohon antara 3 -12 meter dengan tajuk yang lebar dan biasanya sangat beranting.

  • Bentuk daun lonjong dan memiliki panjang antara 5-12 cm serta lebar antara 3-6 cm.

  • Bunga Berwarna putih dengan baur merah jambu yang berangsur pudar.Bunga ini akan mekar disaat musim semi yang bersamaan dengan percambahan daun.

  • Pada bunga terdapat lima kelopak yang diameternya antara 2,5 -3,5 cm.

  • Buah apel akan masak pada musim gugur dan ukuran buah berdiameter antara 5 hingga 9 cm.

  • Inti buah apel memiliki lima gynoecium yang tersusun seperti bintang lima mata, masing-masing berisi satu hingga tiga biji.






Pohon buah apel merah

Pohon apel merupakan salah satu jenis pohon yang cukup mudah tumbuh di alam liar,pembiakan apel di alam liar melalui benih.Akan tetapi seperti kebanyakan tanaman tahunan lainnya,Apel biasanya dikembang biakan secara aseksual yaitu dengan cara okulasi,hal ini bisa dilakukan karena kecambah apel merupakan sejenis heterozigot ekstrem yaitu tidak mewarisi DNA dari induk untuk menghasilkan apel baru dengan sifat-sifat induk,dan malah menjadi berbeda dengan induknya



Pemanfaatan apel oleh manusia

Buah apel bisa di konsumsi langsung secara mentah (tanpa pengolahan )ataupun di olah menjadi makanan kaleng,menjadi kue (pie aple), atau dibuat jus.Dalam pembuatan jus,buah apel di giling untuk memproduksi sider (non-alkohol dan manis),kemudian disaring untuk dibuat jus.Buah ael juga biasa diolah menjadi minuman beralkohol .Prosesnya yaitu buah apel difermentasi untuk menghasilkan sider (alkoholik dank eras).siderkin,dan cuka.Melalui distilasi,berbagai minuman beralkohol bisa dibuat seerti wine apel, applejack, dan Calvados.Selain itu apel juga bisa diolah untuk menghasilkan Pektin dan Minyak biji apel.


Manfaat buah apel bagi kesehatan


Buah apel memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh bila kita menkonsumsinya secara rutin sehingga bisa digolongkan sebagai tanaman obat.dibawah ini ada beberapa manfaat apel seperti yang telah dilansir Fox News (28/08/2010) :



  • Memperbaiki Kulit :Masker apel hijau bisa membantu menambah kelembaban kulit serta mengurangi kerutan.dengan campuran tanaman buah tanaman lainnya,semisal anggur ,lemon, dan lidah buaya.





  • Membantu Pernapasan :Kandungan apel yang disebut quercetin bersifat anti oksidan yang dapat melindungi paru-paru dari polusi.Penelitian yang dilakukan Fakultas kedokteran George’s Hospital Medical School (London,inggris),Menemukan fakta bahwa orang-orang yang menkonsumsi lima buah apel atau lebih memiliki kondisi paru-paru yang lebih sehat dibandingkan mereka yang tidak menkonsumsinya.





  • Menghilangkan ketombe :jus asam apel dipercaya bisa menghilangkan bakteri yang menghasilkan ketombe.Caranya yaitu pijat kulit kepala dengan jus asam apel,lalu biarkan selama semenit.setelah itu cuci samapai bersih.





  • Mengecilkan pinggang :Untuk bisa mendapatkan manfaat apel ini,anda bisa melakukan hal sebagai berikut : Campur saus apel dengan setengah mentega atau minyak dalam pembuatan kue. Ini akah menghasilkan rasa manis natural dan sedikit kandungan lemak. Saus apel bebas lemak dan kolesterol dan hampir sama kandungannya dengan satu cangkir beras merah.




Khasiat buah apel lainnya yang bisa anda dapatkan dengan menkonsumsinya antara lain :

1.Mencegah Al-zheimer
Studi yang dilakukan oleh Universitas Cornell menemukan bahwa kandungan quercetin pada apel akan melindungi otak dari radikal bebas yang membahayakan dan memicu penyakit Al-zheimer.
2.Mengurangi berat badan
Studi di Brazil menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi buah apel atau pir setidaknya 3 sehari selama diet akan lebih cepat menurunkan berat badan, dibandingkan mereka yang tidak memasukkan buah-buahan dalam menu diet.
Dalam program diet ,apel sangat membantu menunjang keberhasilan program yang dijalankan.Sehingga sangat dianjurkan mengkonsumsi buah apel saat melakukan program diet. Hal ini disebabkan karena manfaat buah apel yang mengandung serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat.
3.Mencegah Kanker Payudara
Manfaat buah apel terhadap pencegahan kanker payidara merunut pada Studi yang dilakukan oleh CornellUniversity yang melakukan percobaan pada tikus, dan tikus yang mengkonsumsi apel 3 kali dalam sehari, memiliki resiko lebih rendah terkena kanker dibandingkan dengan tikus yang menkonsumsi apel kurang dari jumlah tersebut. Meskipun percobaan ini diuji cobakan pada tikus, namun hal ini juga berdampak sama pada manusia.
4.Mencegah kanker usus
Dari sebuah studi yang dilakukan pada tikus, tikus yang diberi makan ekstrak kulit apel memiliki resiko 43% lebih rendah terkena kanker saluran pencernaan. Berdasarkan penelitian kandungan pectin pada apel-lah yang menekan resiko kanker pencernaan, dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.
5.Melindungi tulang
Manfaat Buah apel lainnya yaitu membantu melindungi tulang.Penelitian di Perancis menemukan bahwa flavonoid yang disebut phloridzin yang terkandung pada apel bermanfaat untuk melindungi wanita pasca-monopause dari masalah osteoporosis, dan meningkatkan massatulang. Boron, kandungan lain dari apel yang juga berfungsi untuk memperkuat tulang.
Hal ini karena apel mengandung banyak mineral .Mineral yang terkandung dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.
6.Mencegah kanker paru-paru
Berdasarkan studi yang dilakukan pada 10,000 orang, mereka yang mengkonsumsi apel dengan kuantitas paling banyak memiliki resiko 50% lebih rendah terserang kanker paru-paru. Para peneliti mempercayai adanya kandungan flavonoid, quercetin, dannaringin inilah yang berperan dalam mencegah kanker paru-paru.

7.Mencegah kanker hati
Dari sebuah studi yang dilakukan pada tikus, tikus yang diberi makan ekstrak kulit apel memiliki resiko 43% lebih rendah terkena kanker saluran pencernaan. Berdasarkan penelitian kandungan pectin pada apel-lah yang menekan resiko kanker pencernaan, dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.
8.Menurunkan kadar kolestrol
Dalam hal ini manfaat buah apel untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang disebut LDL. Seseorang yang mengkonsumsi buah apel setidaknya 2 kali dalam sehari akan menurunkan kadar kolesterol jahat mereka sebanyak 16%.
Hal ini diakibatkan karena buah apel mengandung serat yang berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang.
9.Mengontrol diabetes
Kandungan pectin pada apel mensuplai galacturonic acid yang akan menurunkan kebutuhan tubuh untuk melepaskan hormon insulin –salah satu hormon penyebab diabetes. Hal ini karena produksi insulin yang tinggi memicu diabetes, oleh karena itu apel juga bermanfaat untuk mengontrol seseorang yang terserang atau memiliki bakat –faktor genetik terserang diabetes.
10.Membersihkan dan menyegarkan mulut.
Apel juga bisa digunakan sebagai media untuk membersihkan dan menyegarkan mulut. Hal ini karena memiliki kandungan tanin. Dimana Tanin ini adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut,sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.
Itulah sejumlah manfaat buah apel yang bisa kita dapatkan,bila kita rutin menkonsumsi buah tersebut tentunya

1 komentar: