Kamis, 26 Juli 2012

Manfaat Aren Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Aren Bagi Kehidupan Manusia - Masyarakat kita umumnya,sudah mengenal pohon aren sebagai salah satu pohon yang memiliki banyak manfaat,hampir semua bagian dari pohon aren dapat dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi terutama untuk dibuat kerajinan rumah tangga.


Ciri-ciri fisik dan klasifikasi pohon aren
Aren atau Enau yang dalam bahasa latinnya di sebut Arenga pinnata merupakan salah satu tanaman yang termasuk ke dalam suku Arecaceae.Ciri-ciri fisik yang dimiliki tanaman aren yaitu:

Pohon aren memiliki batang yang tidak berduri.tidak bercabang.
Tinggi pohon bisa mencapai 25 meter dan diameter pohon bisa mencapai 65 cm.
Batang pohon terbalut oleh oleh lapisan yang disebut ijuk sehingga terlihat sangat kotor,hal ini yang menyebabkan pohon aren sering ditumbuhi oleh banyak tanaman jenis paku-pakuan. Ijuk sebenarnya adalah bagian dari pelepah daun yang menyelubungi batang.
Tangkai daun aren panjangnya dapat mencapai 1,5 meter,helaian daun panjangnya dapat mencapai 1,45 meter,lebar 7 cm dan bagian bawah daun dilapisi lilin.
Buah aren ( biasa disebut kolang-kaling) tumbuh di bagian tangkai,buah berwarna hijau sampai coklat kekuningan.bentuk bulat dengan diameter 4 cm, beruang tiga dan berbiji tiga.Buah tersusun dalam untaian seperti rantai.

Klasifikasi Tanaman Aren
Aren / Enau
manfaat buah aren atau kolang-kaling untuk bahan makanan
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:

Plantae
Divisi:

Magnoliophyta
Kelas:

Liliopsida
Ordo:

Arecales
Famili:

Arecaceae
Genus:

Arenga
Spesies:

A. pinnata
Nama binomial
Arenga pinnata
Sinonim
Arenga saccharifera
Manfaat Aren Bagi Manusia
Manfaat aren dapat dikategorikan menjadi dua,yaitu fungsi konservasi dan fungsi produksi yang menghasilkan komoditi yang memiliki nilai ekonomi.
1.Fungsi konservasi.
Pohon aren sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya erosi tanah,Hal ini disebabkan pohon aren memiliki struktur perakaran yang dangkal dan melebar.Demikian juga dengan daun yang cukup lebat dan batang yang tertutup dengan lapisan ijuk, akan sangat efektif untuk menahan turunnya air hujan yang langsung kepermukaan tanah.
2.Fungsi produksi.
Manfaat aren bisa diambil baik dari bagian akar, batang, daun, buah, dan bagian.Akar aren bisa menghasilakan serat untuk anyaman, tali pancing, dan cambuk.Diwilayah jawa,akar aren digunakan untuk berbagai obat tradisional.Akar segar dapat menghasilkan arak yang dapat digunakan sebagai obat sembelit, obat disentri dan obat penyakit paru-paru.

Batang pohon aren bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat alat-alat rumah tangga. Batang bagian dalam dapat menghasilkan sagu sebagai sumber karbohidrat yang dipakai sebagai bahan baku dalam pembuatan roti, soun, mie, dan campuran pembuatan lem. Sedangkan ujung batang yang masih muda (umbut) yang memiliki rasa manis bisa digunakan sebagai sayur mayur. Manfaat aren lainya yang bisa dimaksimalkan yaitu bagian Ijuk. Ijuk dari batang pohon aren juga bisa dipintal menjadi tali,meskipun agak kaku,tali dari ijuk batang aren ini memiliki kekuatan yang cukup awet, kuat, dan tahan lama.Ijuk juga bisa digunakan sebagai bahan atap rumah, pembuat sikat dan sapu ijuk.
Bagian daun pohon aren yang muda, dimanfaatkan sebagai bahan pembukus rokok yang dikenal oleh masyarakat sebagai rokok kawung.Tulang daun dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan sapu lidi,Pelapah daun dijadikan bahan penutup botol sebagai pengganti gabus.Dari pelepah dan tangkai daun aren,bisa juga diolah untuk menghasilkan serat yang kiat dan tahan lama untuk dijadikan benang, tali pancing, dan senar gitar batak..Selain itu Daun aren dapat juga digunakan sebagai atap rumah rakyat.

Tangkai bunga akan menghasilkan cairan berupa nira yang mengandung zat gula dan dapat diolah menjadi gula aren atau tuak,bagian ini pulsa yang menjadikan aren digolongkan sebagai salah satu tanaman obat.Buah aren dapat diolah sebagai bahan makanan yang kita kenal dengan nama kolang-kaling.buah ini sering dijadikan sebagai bahan campuran es, kolak, atau bisa juga dibuat manisan kolang-kaling.

Demikian ulasan mengenai manfaat aren bagi kehidupan manusia.Baca artikel selanjutnya mengenai manfaat gula aren dengan judul posting manfaat gula aren bagi kesehatan anda

1 komentar: