Minggu, 01 Juli 2012

Manfaat Akar Manis Untuk Kuliner Dan Pengobatan

Manfaat akar manis untuk kuliner dan pengobatan - Akar manis yang memiliki nama yunani kuno 'Liquorice' merupakan tanaman sejenis polong-polongan yang berasal dari Eropa Selatan dan sebagian wilayah asia.

Akar manis tumbuh seperti rerumputan dan bisa tumbuh dengan baik di tanah yang dalam, subur, mengandung cukup air, dan dalam iklim yang penuh cahaya matahari.Musim panen tanaman ini biasanya dilakukan pada musim gugur dalam jangka waktu 2 atau 3 tahun setelah penanaman.

Tanaman obat yang termasuk kedalam tanaman tahunan ini memiliki ciri ciri antara lain :


  • Tanaman berbentuk terna.

  • Pohon dapat tumbuh sampai satu meter.

  • Daun akar manis tumbuh seperti sayap (pinnate) yang panjangnya 7 sampai 15 cm.

  • Dalam satu cabang,terdapat 9-17 helai daun.

  • Bunga akar manis tersusun secara inflorescens (berkelompok dalam satu cabang).

  • Warna bunga berkisar dari keunguan sampai putih kebiru-biruan serta berukuran panjang 0,8-1,2 cm.

  • Buah berpolong dan berbentuk panjang sekitar 2-3 cm serta mengandung biji.


Manfaat Akar manis
Bagian Tanaman Akar manis yang sering dimanfaatkan yaitu ekstrak yang terdapat pada bagian akar.Cara pengambilan ekstrak yaitu dengan merebus bagian akar dari tanaman ini lalu menguapkan airnya.

manfaat akar manis untuk pengobatanZat yang terkandung dalam akar manis di sebut glycyrrhizin yang memiliki rasa sangat manis,diklaim memiliki rasa manis 50x lebih manis daripada gula dan zat ini memiliki khasiat pengobatan.Glycirrhizin ini sendiri paling banyak terkandung pada tanaman akar manis Species G.uralensis

Ekstrak akar manis digunakan dalam dunia kuliner dan pengobatan.Untuk kuliner,Ekstrak akar manis merupakan salah satu bahan pembuatan permen pelega tenggorokan.

Dalam dunia pengobatan,Ada beberapa manfaat akar manis yang bisa didapat. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Max Planck Institute Berlin Jerman.Dalam akar manis terkandung zat anti diabetes yang di sebut amorfrutin.Zat ini berfungsi untuk mengurangi kadar gula dalam darah.
Hasil kajian menunjukkan,Selain berfungsi mengurangi kadar gula dalam darah,Amorfrutin juga berfungsi sebagai anti inflamasi dan dapat ditoleransi dengan sangat baik oleh tubuh manusia.Selain itu,dari hasil percobaan yang dilakukan terhadap mencit,zat ini juga dapat mencegah perlemakan hati (penyakit yang umumnya disebabkan oleh asupan makanan tinggi lemak).

Demikianlah ulasan tentang beberapa manfaat akar manis,silahkan baca artikel blog lainnya tentang manfaat dan khasiat tanaman akar wangi.

0 komentar:

Posting Komentar