Selasa, 19 Juni 2012

Manfaat Tanaman Adem Ati Bagi Kesehatan Anda


Mungkin sebagian dari anda jarang atau bahkan belum pernah pernah sama sekali mendengar tanaman adem ati.Memang tanaman obat ini kurang popular dibandingkan dengan jenis tanaman obat lainnya.Tapi ternyata banyak juga manfaat dan khasiat yang bisa kita dapat dari tanaman yang satu ini.

Adem ati adalah tumbuhan obat yang memiliki nama latin Litsea glutinosa (Lour.) C.D. Robins.Tanaman ini memiliki beberapa nama lokal yang berbeda untuk tiap daerahnya,antara lain : Huru batu, Huru beusai, Huru tangkalak, Madang kapas (Sd); Adem ati, Kapu ketek, Nyampu wingka, Wuru beling (Jw).

Ciri fisik yang bisa dikenali dari tanaman yang masih famili Lauraceae ini yaitu :


  • tumbuhan berbentuk pohon dan bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter.

  • Batang berkayu dan memiliki banyak cabang.

  • Daun tunggal dan memiliki bentuk elips,berwarna hijau dan berbulu halus.

  • Perbungaan bentuk malai,memiliki mahkota bunga yang berwarna putih kekuningan.

  • Buah Adem ati berbentuk bulat kecil,untuk warna buah muda hijau setelah tua warnany menjadi hitam.

  • Adem Ati memiliki jenis akar tunggang berwarna coklat muda.

  • Sifat Khas Manis, pahit, dan mendinginkan. KHASIAT Anti inflamasi, analgesik, dan hemostatik.



Manfaat Tanaman Adem Ati Untuk Kesehatan

Bagian dari tanaman adem ati yang sering digunakan untuk obat yaitu bagian Daun (Litseae glictinosae Folium), Akar (Radix),  dan kulit kayu (Litseae glutinosae Cortex).

Beberapa jenis penyakit ringan yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan bagian dari tanaman adem ati baik akar dan kulit kayu serta daunnya antara lain sebagai berikut :

1.Bagian Akar :

Bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit seperti Mencret,Radang usus, Kencing manis, Radang kulit bernanah (sebagai obat luar).2.Bagian Kulit Kayu dan Daun (untuk obat luar).

Kedua jenis bagian ini bisa berfungsi sebagai obat untuk beberapa jenis penyakit,antara lain : Luka berdarah, Bisul, Obat penenang, Radang kulit bernanah, Radang payudara.

Sekian tentang pembahasan manfaat tanaman adem ati bagi kesehatan anda.silahkan kunjungi artikel selanjutnya yang mengulas tentang tanaman jintan atau ajeran

0 komentar:

Posting Komentar