Kamis, 21 Juni 2012

Jintan Atau Ajeran

gambar jintan atau ajeran

Jintan (Coleus amboinicus.Lour) atau di daerah sunda lebih dikenal dengan nama Ajeran ini merupakan tanaman obat sejenis rumput-rumputan.

Tanaman Jintan memiliki beberapa nama lokal antara lain : Daun jinten (Jawa), Ajeran(sunda), Iwak(Bali), Majanereng(Madura), Golong(flores), Kuwuetu(timor).


Tanaman yang famili Labiatae dan memiliki dua varietas yang cukup dikenal masyarat yaitu jintan hitam dan Jintan putih ini memiliki beberapa ciri yang bisa dikenali ,antara lain sebagai berikut :


  1. Memiliki batang dan tangkai berkayu.

  2. Batang lunak dan mengandung air.

  3. Memiliki daun yang berbentuk mirip bed pingpong dan tepi daun bergerigi.

  4. Aroma daun jintan memiliki bau khas dan bermanfaat untuk pengobatan

  5. Tanaman ini hidup di daerah dataran rendah sampai ketingginan 1000 meter diatas permukaan air laut.


Tanaman jintan cukup mudah dalam pengembangbiakan.Tanaman yang tersebar di wilayah asia terutama asia tenggara ini dikembangbiakan dengan cara stek dan dapat tumbuh di pot ataupun langsung di dalam tanah.Jintan dapat tumbuh dengan baik di daerah yang tidak terlalu banyak terkena sinar matahari dan memiliki kandungan air tanah yang cukup.

Sifat Kimiawi Dan Efek Farmakologis dari Tanaman Jintan.

Tanaman yang memiliki kandungan kimia Phytosterin-B ini memiliki Rasa pahit, agak dingin, penurun panas (antipiretik), anti radang (anti inflamasi), menghentikan perdarahan, melancarkan peredaran darah, astringen.

Manfaat dari tanaman jintan
Jintan biasa dimanfaatkan orang sebagai bahan rempah-rempah dan juga obat-obatan.Bagian yang sering dimanfaatkan yaitu bagian bijinya.Beberapa jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan bagian –bagian dari tanaman jintan yaitu antara lain :Asma dan Batuk, Sakit kepala, Sariawan, Luka, Borok,Demam, dan Perut kembung.

semoga artikel tentang tanaman jintan atau ajeranini bisa bermanfaat bagi anda,nantikan artikel selanjutnya yang akan mengulas manfaat dan khasiat jintan hitam habbatus sauda.

0 komentar:

Posting Komentar